Langsung ke konten utama

Pengertian gadget dan penjelasannya lengkap

Pengertian gadget dan penjelasannya lengkap
Pada awalnya handphone atau ponsel digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh tanpa perantara namun dengan berbagai macam pengembangan suatu smartphone juga dapat digunakan untuk keperluan internet, mendengarkan audio video, game, sebagai komponen media sosial, untuk memfoto dan masih banyak lagi. Hal ini juga merupakan wujud dari peran vital gadget bagi masyarakat luas.
Beberapa contoh diatas adalah wujud dari penggunaan gadget. Definisi dari gadget sendiri adalah suatu alat atau perangkat yang dirancang dengan teknologi canggih dengan fungsi yang lebih spesifik serta bersifat praktis atau memudahkan bagi para pengguna -penggunanya. Salah satu gadget yang keberadaannya paling penting dan semakin berkembang pesat dari dulu hingga saat ini adalah handphone atau yang biasa dikenal dengan smartphone.
Kemajuan zaman yang sangat pesat saat ini memunculkan berbagai macam fenomena – fenomena perkembangan teknologi yang ditujukan untuk memberi kemudahan bagi penggunanya. Contohnya adalah ketika zaman dahulu kita hanya bisa mendengarkan musik melalui radio dimana lagu yang diputar tidak selalu yang kita inginkan, tapi saat ini sudah ada Mp3 Player dengan berbagai macam lagu koleksi kita dan dapat dimainkan kapanpun. Lalu ada juga perangkat komputer yang hampir selalu kita temui dalam berbagai aktivitas sehari – hari.
Perangkat-perangkat yang dimaksud di atas pada saat lebih terkenal dengan nama gadget.Pengertian Gadget adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi lebih spesifik, bersifat praktis dan dirancang dengan teknologi canggih. Beberapa contoh perangkat yang masuk pada kategori gadget diantaranya adalah: Laptop, MP3 Player, Netbook, E-Reader, Kamera, Xboox, Smartphone, Tablet dan masih banyak perangkat lain yang memiliki fungsi khusus dan berbeda-beda. Gadget yang sedang marak pada era sekarang ini adalah ponsel atau handphone atau bisa juga disebut smartphone. Ponsel pada awalnya diciptakan untuk membatu berkomunikasi jarak jauh tanpa kabel yang bisa dengan mudah dibawa kemana saja. Seiring perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan setiap individu maka terciptalah ponsel yang memiliki fungsi lebih dari sekedar perangkat komunikasi, belakang ponsel jenis ini diberinama Smartphone. Smartphone memiliki kegunaan yang lebih bervariasi, selain fungsi utamanya sebagai alat komunikasi juga bisa digunakan untuk membaca artikel di website, membuka dokumen, bermain game, menonton video, dan masih banyak kegunaan lainnya yang bisa dilakukan oleh perangkat smartphone.
Apa itu gadget?


 

Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.

Asal-usul dari "gadget" kata melacak kembali ke abad ke-19. Menurut Oxford English Dictionary , ada bukti anekdotal untuk penggunaan "gadget" sebagai nama pengganti untuk item teknis yang tepat satu nama tidak ingat sejak tahun 1850-an, dengan 1.886 buku Robert Brown Spunyarn dan Spindrift, Seorang anak pelaut log dari keluar perjalanan dan rumah di gunting teh China yang mengandung penggunaan awal dikenal di cetak.

Etimologi dari kata tersebut diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas menyatakan bahwa gadget kata itu "diciptakan" ketika Gaget, Gauthier & Cie, perusahaan di balik repousse pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi skala kecil monumen dan diberi nama setelah perusahaan mereka , namun ini bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan bahari, dan fakta bahwa hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I.  

Sumber-sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah diterapkan pada berbagai potongan mekanisme menembak, atau Perancis gagée , alat kecil atau aksesori.
The Oktober 1918 isu Notes dan Pertanyaan berisi entri multi-artikel tentang "gadget" kata (12 S. iv. 187). H. Tapley-Soper dari Perpustakaan Kota, Exeter, menulis:

Sebuah diskusi muncul pada pertemuan Plymouth dari Asosiasi Devonshire pada tahun 1916 ketika itu disarankan bahwa kata ini harus dicatat dalam daftar provincialisms lisan setempat. Beberapa anggota sependapat dari dimasukkannya atas dasar bahwa itu adalah umum digunakan di seluruh negeri, dan seorang perwira angkatan laut yang hadir mengatakan bahwa selama bertahun-tahun menjadi ekspresi populer di layanan untuk alat atau melaksanakan, nama yang tepat yang tidak diketahui atau telah untuk saat ini telah dilupakan. Saya juga sering mendengar diterapkan dengan menggunakan sepeda motor teman-teman untuk koleksi perlengkapan untuk dilihat pada sepeda motor. 'Nya menangani-bar yang disiram gadget' mengacu pada hal-hal seperti spedometer, cermin, pengungkit, lencana, maskot, & c, melekat pada kemudi.

Menangani. The 'jigger' atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga sering disebut 'gadget', dan nama tersebut telah diterapkan oleh platelayers lokal untuk 'mengukur' digunakan untuk menguji akurasi dari pekerjaan mereka. Bahkan, untuk meminjam dari masa kini Army gaul, 'gadget' diterapkan untuk 'hal lama. "

Penggunaan istilah dalam bahasa militer melampaui angkatan laut. Dalam buku "Di atas Pertempuran" oleh Vivian Drake , yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh D. Appleton & Co, New York dan London, menjadi memoar seorang pilot di British Royal Flying Corps , ada kutipan berikut:"kami perasaan bosan itu kadang-kadang lega dengan gadget baru "gadget" adalah Flying Corps slang untuk penemuan Beberapa gadget yang baik, beberapa komik dan beberapa luar biasa "

Pada paruh kedua abad kedua puluh, "gadget" istilah telah diambil pada konotasi kekompakan dan mobilitas. Dalam esai 1965 "The Gizmo Besar" (istilah yang digunakan bergantian dengan "gadget" seluruh esai), kritikus arsitektur dan desain Reyner Banham mendefinisikan item tersebut sebagai: Sebuah kelas karakteristik produk AS - mungkin yang paling karakteristik - adalah unit mandiri kecil kinerja tinggi dalam kaitannya dengan ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah beberapa set terdiferensiasi keadaan ke kondisi lebih dekat keinginan manusia. Minimum keterampilan diperlukan dalam instalasi dan penggunaan, dan itu adalah independen dari setiap infrastruktur fisik atau sosial di luar itu oleh yang dapat dipesan dari katalog dan disampaikan kepada pengguna.    Prospektifnya. Sebuah kelas pelayan untuk kebutuhan manusia, ini klip-pada perangkat, gadget portabel, memiliki pemikiran Amerika berwarna dan tindakan jauh lebih mendalam.

Macam - Macam Gadget




1. Handphone (HP) - Android, iOs dan lainnya.
Handphone adalah salah satu gadget yang paling banyak digunakan oleh semua orang. Seiring perkembangan teknologi, handphone selalu memiliki desain yang baik dan juga disertai fitur yang luar biasa.

Karena, tidak hanya untuk komunikasi, Handphone juga bisa digunakan untuk hal lainnya. Seperti bermain game, browsing, mencari informasi, bersosialisasi, penyimpanan digital, mendengarkan musik dan lain sebagainya.
2. Laptop/Notebook/Komputer (Mac, Windows, Linux, Dll)
Gadget yang satu ini sangat penting untuk kehidupan manusia, terlebih lagi untuk pelajar dan pekerja kantor. Fungsinya untuk mempercepat pekerjaan mereka, entah itu tugas dari guru, dari dosen atau menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantor.

Laptop atau komputer memiliki peran yang sangat penting bagi dunia teknologi, gadget ini bisa digunakan multifungsi atau sesuai dengan kebutuhan kita. Selain mengerjakan tugas atau semacam berkas-berkas file, komputer juga bisa digunakan sebagai media hiburan. Seperti bermain game.

3. Tablet
Sama seperti handphone, tetapi gadget ini layarnya sedikit lebih besar dibanding handphone. Dan juga dari sisi pemakaian, akan lebih puas menggunakan tablet. Kegunaan dari tablet tentunya kita bisa melakukan hal-hal secara bebas dan leluasa, seperti belajar, bermain game, streaming dan bermain sosial media. Lebih efektif ke tempat untuk belajar, karena lebih nyaman dengan tampilan yang diberikan oleh tablet.

4. iPad All Series
iPad merupakan perkembangan teknologi yang dibilang cukup sempurna, karena iPad adalah perpaduan dari Komputer Dan Tablet. Semua aktifitas yang dilakukan pada komputer, bisa kita lakukan menggunakan iPad.

iPad idealnya digunakan untuk belajar, tetapi bisa juga untuk dipakai untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Seperti menulis pada microsoft word, excel atau powerpoint dan ditambah dengan aplikasi-aplikasi menarik lainnya.

Dari segi tampilan, iPad lebih baik dibandingkan dengan tablet meskipun memiliki layar dan besar yang sama. iPad memiliki design yang nyaman digunakan, fiturnya sangat mendukung untuk media belajar dan layarnya pun lebih sensitif saat disentuh oleh jari.

Dengan berbagai fitur yang luar biasa, tentunya harganya pun cukup mahal dibanding dengan tablet.

5. Kamera Digital (DSLR, Pocket, Fujifilm, dll)
Kita telah mengetahui fungsi dari kamera, yaitu digunakan untuk mengambil gambar atau suatu objek. Untuk moment-moment terpenting atau acara spesial, kamera selalu dibutuhkan untuk menyimpan gambar-gambar yang bagus.

Atau untuk sekedar berfoto bersama teman-teman kamera selalu diandalkan sebagai tempat untuk menyimpan moment terindah.

Kamera juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan bakat memotret, atau bahkan suatu saat bisa menjadi fotographer profesional.

6. Headphone/Headshet
Gadget Headphone atau headshet tidak akan pernah bisa lepas untuk orang yang selalu menikmati musik. Karena memang dengan cara mendengarkan musik, kita akan merasa sedikit lebih tenang.

Dengan adanya headshet atau headphone, kita juga tidak akan mengganggu orang lain dengan kerasnya suara musik yang sedang didengarkan. Terlebih lagi jika jenis musik yang diputar adalah ber-genre rock.

7. Mouse Wireless/Mouse Wired
Mouse juga disebut dengan gadget, karena mouse adalah hal terpenting dalam penggunaan komputer dan laptop. Tanpa adanya mouse, kita tidak akan bisa menggerakan kursor. Atau secara tidak langsung fungsi komputer akan berkurang secara penggunaannya.

Ada 2 jenis mouse yang ada, yaitu mouse wireless(tanpa kabel) dan mouse wired(dengan kabel). Dengan teknologi yang ada, secara design mouse sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

8. Powerbank
Powerbank adalah gadget yang digunakan untuk mengisi baterai Hp. dengan adanya powerbank, kita tidak perlu takut untuk kehabisan baterai hp. Kita bisa mengecash hp dimanapun dan kapanpun.

Tetapi, powerbank juga perlu dicash untuk mengisi daya yang digunakan untuk mengecash hp. Sudah sangat banyak jenis powerbank yang ada dan harganya pun bisa terbilang murah, tergantung dari kapasitas powerbank tersebut.

9. Media Player (MP3/MP4/Ipod)
Selain Hp dan laptop yang digunakan untuk memutar lagu dan video, media player pun bisa melakukannya. Ukurannya pun sangat kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Sehingga kita bisa dengan nyaman saat mendengarkan musik-musik kesukaan.

10. Kabel Data
Kabel data adalah gadget yang digunakan untuk memindahkan data dari komputer ke hp dan sebaliknya. Kabel data sangat penting dalam proses pemindahan data atau file seperti musik, video dan gambar. Kabel data juga bisa dijadikan sebagai chargeran hanya menyambungkannya ke kepala chargeran.

12. Chargeran
Dalam penggunaan gadget, tentunya semua memiliki kekuatan daya tersendiri. Gadget adalah teknologi dan dengan itulah gadget membutuhkan daya. Chargeran digunakan untuk mengisi daya/baterai pada gadget, karena gadget sangat penting keberadaannya.

13. Media Penyimpanan (Harddisk Eksternal, Flashdisk, Memory Card
Ada beberapa gadget yang membutuhkan media penyimpanan, seperti laptop, hp, dan Kamera. Adanya media penyimpanan memudahkan kita dalam menyimpan file-file tertentu sesuai dengan tempatnya dan tersimpan rapih.

14. Speaker
Speaker adalah gadget yang berguna untuk mengeluarkan suara musik dengan sangat kencang. Berbeda dengan headshet, speaker lebih bersifat keluar. Artinya, orang yang berada dalam jangkauan area kita dapat mendengarkan lagu atau musik yang kita putar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

Konsep Data Warehouse

Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction