Langsung ke konten utama

Pengertian Komputer Dan Jenis - Jenis Komputer


Di era modern seperti saat ini, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer. Ya, dewasa ini komputer sudah menjadi 'bagian' dari kehidupan umat manusia.Dengan fungsi yang dimilikinya,komputer dapat membatu aktifitas manusia, baik dalam urusan bisnis maupun urusan hiburan. Namun tak banyak orang yang mengetahui tentang sejarah dari komputer itu sendiri.Lalu apa sih sebenernya definisi atau pengertian dari komputer ? Dan Jenis – jenis komputer yang anda belum ketahui

PENGERTIAN KOMPUTER

Kata komputer diambil dari bahasa Yunani yaitu Computare yang berarti hitung atau menghitung.Pada awalnya, kata "komputer" dipakai untuk menggambarkan orang yang melakukan pekerjaan perhitungan aritmetika,baik dengan ataupun tanpa alat bantu, tetapi kemudian kata "komputer" ini dipindahkan kepada mesin / alat hitung itu sendiri. Secara singkat,komputer dapat didefinisikan sebagai suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.Dalam arti yang lebih luas, Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang terdiri dari komponen-komponen yang saling bekerja sama satu sama lain untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen-komponen yang dimaksud adalah CPU, monitor sebagai komponen-komponen utama. Serta mouse, keyboard, printer sebagai komponen-komponen pendukungnya. Itu adalah definisi komputer secara umum, beberapa ahli memberikan definisi yang berbeda dari definisi diatas, diantaranya :

1. Pengertian Komputer Menurut Elias M.Awad

"Komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan analog."

2. Pengertian Komputer Menurut Robert H.Blissmer

Komputer adalah "suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima dan memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan ouput dalam bentuk informasi."

3. Pengertian Komputer Menurut Donald H.Sanders

Menurut Donald H.Sanders komputer adalah "sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat yang dengan otomatis menerima,menyimpan dan memproses data input, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu sistem operasi yang tersimpan di dalam penyimpanannya."

4. Pengertian Komputer Menurut William M.Fuori

William M.Fuori berpendapat bahwa pengertian dari komputer adalah "suatu alat proses data yang bisa melakukan perhitungan besar dengan cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa ada campur tangan manusia."

5. Pengertian Komputer Menurut Larry Long & Nancy Long

Menurut Larry & Nancy Long, komputer adalah "alat hitung elektronik yang mampu melaksanakan perintah program untuk input, ouput, perhitungan dan operasi-operasi logic."

6. Pengertian Komputer Menurut V.C. Hamacher

V.C Hamacher menyatakan pendapatnya tentang definisi dari komputer. Ia berpendapat bahwa komputer merupakan "mesin penghitung elektronik yang dengan cepat mampu menerima informasi input digital , memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dan menghasilkan ouput informasi."

7. Pengertian Komputer Menurut Jhon J.Longkutoy

Pendapat ahli terakhir yang akan berikan adalah pendapat dari Jhon J.Longkutoy. Ia berpendapat bahwa komputer adalah "suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan/atau sebuah mesin pengolah data yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan untuk user/penggunanya"

Itulah beberapa pengertian komputer menurut para ahli. Dari ketujuh pendapat ahli diatas, media informasi digtal simpulkan bawa komputer itu merupakan alat untuk memproses data dan menghasilkan ouput berupa informasi yang berguna untuk para pemakainya.

Setelah kita tahu tentang pengertian komputer,sekarang media informasi digital akan membahas Jenis - Jenis komputer. Berikut penjelasannya :

Komputer analog



Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog
adalah op-amp (operational amplifier)

Komputer digital

komputer digital Adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data
yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadikombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner) untuk proses informasiyang mudah, cepat dan akurat.Sinyal tersebut disebut sebuah bit. Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog,yaitu:

1.Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.

2.Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.

3.Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.

4.Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital melalui,sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya.Pada prinsipnya,komputer hanya mengenal dua arus,yaitu on atau off,atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol).Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal,baik dalam mengenalkan huruf,gambar,suara,bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam format digital.

Komputer Hybrid


Komputer hybrid adalah jenis Komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif,atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog.Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

Jenis Komputer Berdasarkan Kapasitas :

Personal Computer (PC)


Personal Computer /PC Jenis prosessor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai. Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau Personal Computer (PC). Komputer ini memiliki semua perangkat IPO yang telah dirangkai menjadi satu. Saat ini PC terus dikembangkan kemampuan dan kegunaannya.

Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.

Pada awalnya, memory yang dimiliki oleh sebuah personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini memiliki memory hingga 8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang.

Mini Computer



Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.

Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400

Kapasitas prosessor yang digunakan hampir sama dengan mainframe, hanya jumlah terminal yang dapat disambungkan ke dalam ke komputernya tidak sebanyak seperti pada jenis komputer mainframe. Jumlah terminal yang dapat disambungkan hanya puluhan.oleh karena itu komputer jenis ini hanya cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah yang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran fisik komputer ini tidak sebesar komputer mainframe.

Versi lebih kecil dari mainframe dengan lebih sedikit perlengkapan, biasanya hanya digunakan untuk satu tugas spesifik. Dikembangkan dengan sistem modul sehingga mudah diganti komponen-komponennya. Hal ini merupakan bentuk dasar dari desktop computer

Mainframe Computer


Komputer jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharingmaka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini memiliki suatu Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri. Peralatan CPU dan Storage tersebut dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Terminal yang disambungkan dapat dalam jumlah ribuan sesuai dengan kebutuhan san seri dari komputer mainframenya. jenis komputer ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala besar yang banyak memiliki banyak cabang.

Super Komputer

Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.

Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super komputer dari Amerika.

Jenis komputer pribadi

komputer desktop


Banyak orang menggunakan komputer desktop di kantor, rumah, dan sekolah. Komputer desktop dirancang untuk ditempatkan di atas meja. Biasanya komputer desktop terdiri dari beberapa komponen, antara lain kotak komputer, monitor, keyboard, dan mouse.

Komputer laptop

Tipe komputer yang kedua mungkin sudah familiar bagi Anda yaitu komputer laptop yang umumnya disebut dengan laptop. Laptop adalah komputer dengan sumber daya listrik berupa baterai dimana laptop lebih portabel dari desktop yang memudahkan Anda untuk menggunakannya di mana saja.

Komputer tablet


komputer tablet (atau lebih dikenal dengan tablet) adalah komputer genggam yang bahkan lebih portabel dari laptop. Tablet menggunakan layar sentuh sebagai pengganti keyboard dan mouse untuk mengetik dan navigasi. iPad adalah contoh dari komputer tablet.

Jenis komputer server

Komputer server

Server adalah sebuah komputer yang mengolah permintaan-permintaan informasi dari komputer lainnya yang terhubungan dengannya pada suatu jaringan komputer. Sebagai contoh, kapanpun Anda menggunakan Internet maka Anda sedang melihat informasi yang tersimpan di server. Banyak organisasi juga menggunakan komputer server lokal untuk menyimpan dan berbagi berkas secara internal


Saya rangkum artikel ini dari situs sumber berita yang terpecaya

( Sumber 1 )


https://edu.gcfglobal.org/en/computer-basics-(bahasa-indonesia)/apa-itu-komputer/print/


( Sumber 2 )


http://hrefel.blogspot.com/2012/10/jenis-jenis-komputer-dan-penjelasannya.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

Konsep Data Warehouse

Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction