Langsung ke konten utama

Dampak positif dan negatif dari penggunaan sosial media

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA
YANG HARUS KALIAN KETAHUI



Media sosial  atau sosial media adalah :
sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi,dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial,forum dan dunia virtual.Blog dan jejaring sosial merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.


DAMPAK POSITIF DARI SOSIAL MEDIA

Sebagai tempat promosi sebuah produk yang ingin kita jual
Dengan banyaknya orang yang menggunakan media sosial,kiita dapat menjual barang tersebut dengan cara mempromosikan barang tersebut ke sosial media supaya barang itu banyak yang dilihat banyak orang sehingga orang itu mau membeli barang tersebut

Tempat untuk memperbanyak teman 

Dengan menggunakan media sosial,kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja,bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan,bertukar pikiran,saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing,dan lain-lain Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang.Misalnya,belajar bahasa inggris dan bahasa daerah dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan di situs jejaring sosial.

Sebagai tempat penyebaran informasi yang cepat

Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs media sosial.Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian,kita telah bisa menikmati informasi tersebut.Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di jaman era digital seperti sekarang ini. 

Sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial 

Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan di jaman era modern yang sangat maju seperti sekarang ini.Hal ini sangatlah penting,tidak ada batasan usia,semua orang butuh untuk berkembang.

Media pertukaran data

Dengan menggunakan jaringan situs-situs website para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
contohnya membaca berita secara online untuk mencari informasi penting dan kalian sebarkan informasi tersebut nah inilah yang disebut dengan saling bertukar informasi kepada orang lain.

Kaum remaja bisa bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan

mereka akan mampu bersosialisasi dengan masyarakat umum lainnya seperti masuk di berbagai forum tertentu agar mereka bisa saling berbagi ilmu, cerita, pengetahuan,maupun pengalaman.Dampak tersebut terjadi  karena mereka saling berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain dengan cara berkomunikasi yang berbeda dari biasanya karena komunikasi lebih mudah mengalir dibandingkan saat mereka berbicara langsung.
Contohnya seorang remaja siswa SMA ingin memiliki pengetahuan tentang ilmu IT
( INFORMATIKA )  dan dia langsung bertanya kepada seorang Mahasiswa IT 
( INFORMATIKA ) atau masuk forum atau group IT( INFORMATIKA ) di sebuah sosial media,lalu terjadilah interaksi sosial antara siswa SMA dengan Mahasiswa IT ( INFORMATIKA ) dan mereka bisa saling berbagi ilmu dan bisa menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi siswa SMA tersebut agar memiliki kemauan untuk mendalami dan ilmu tentang IT ( INFORMATIKA ).

DAMPAK NEGATIF DARI SOSIAL MEDIA

Menjadi seseorang individualis

Inilah hal yang sering kita lihat di sekeliling kita, karena sudah banyak kita temui orang  -orang yang asyik sendiri dengan gadget nya Jika seseorang terlalu menikmati dengan adanya sosial media ini maka sifat individualis lambat akan muncul.Sehingga  seseorang ini lebih menikmati keberadaannya sendiri sekalipun ketika bertemu dengan banyak orang.
Terjadinya cyber-bullying
Apa itu cyber bullying?cyber bullying merupakan bentuk kekerasan di internet yang dilakukan atau dialami oleh seseorang terutama anak-anak dan remaja. Umumnya cyber bullying dilakukan para remaja dimana pada usia-usia tersebut mereka membutuhkan pengakuan tentang keberadaan mereka.
Banyaknya kejahatan yang berasal dari sosial media
Kita mungkin sudah sering mendengar kabar di berita-berita tentang kasus kejahatan yang berawal dari sosial media ini,diantaranya seperti kasus penculikan,pemerkosaan hingga pembunuhan.Inilah salah satu dampak negatif yang cukup parah dari sosial media.Ketika di sisi lain sosial media memberikan dampak positif untuk menambah pertemanan,di sisi lain ada dampak yang wajib harus kita perhatikan.
Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang usianya masih remaja,Sifat pemikiran remaja yang cenderung masih labil maka akan lebih mudah bagi pelaku kejahatan untuk melaksanakan aksinya tersebut. Anda bisa lebih selektif untuk menjalin pertemanan jika anda baru mengenalnya melalui sosial media.
Maraknya informasi kebohongan tau berita hoax
Sebarkan,sebarkan,sebarkan! kalimat yang sering kita jumpai di pesan aplikasi WHATSAPP DAN FACEBOOK
Kata-kata tersebut sering kali kita lihat di sosial-sosial media seperti facebook,whatsapp, dan lain-lain.Bagi seseorang yang belum memiliki pemikiran kritis tentu dengan mudahnya percaya dengan informasi yang belum jelas kebenarannya sehingga kemudian pesan berantai tersebut beredar dimana-mana. Informasi-informasi yang berupa kebohongan ini sering kali kita menyebutnya dengan hoax.Yang menakjubkan beberapa kali kabar hoax bisa menjadi viral karena banyaknya seseorang yang menerima kemudian menyebarkannnya.
Ancaman Ujaran Kebencian
Penggunaan agama untuk kepentingan politik,seruan kebencian pada golongan minoritas, sampai praktek-praktek tingkah laku yang kasar,penuh kebencian sering hadir sehari-hari dalam genggaman tanpa saringan. Jika tak bisa memilah sejumlah informasi tersebut, anak-anak dan remaja rentan terhadap provokasi ujaran kebencian.
Perkembangan Fisik 
Terlalu banyak menggunakan internet dapat menyebabkan perkembangan fisik remaja mengalami physical decline.Contohnya problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala bahkan pengelihatan kabur. Selain gangguan tersebut,kecanduan media sosial juga bisa mengakibatkan obesitas pada anak-anak dan remaja karena berkurangnya aktifitas fisik.
Menurunkan daya ingat
Ketika seseorang sudah terlalu asyik memainkan gadget dan berbincang di sosial media maka daya ingat seseorang tersebut misalnya jadi rentan lupa terhadap waktu.

Itulah aritkel yang saya sampaikan kepada anda menggenai pembahasan dampak positif dan dampak negatif dari adanya sosial media semoga selain menikmati manfaatnya kita juga menjadi lebih memperhatikan akan dampak negatif yang ada.Jadi kesimpulan nya adalah janganlah terlalu berlebih dalam menggunakan sosial media ya.semoga informasi dari saya bermanfaat untuk kalian semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

Konsep Data Warehouse

Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction