Langsung ke konten utama

10 Manfaat internet secara umum yang harus kita ketahui


Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah :
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket  (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Di zaman modern seperti sekarang,kehidupan manusia tak bisa lepas dari teknologi bernama internet. Manfaat internet bagi masyarakat di Indonesia memang cukup banyak dan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Internet memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.Masyarakat Indonesia pun tak hanya menggunakan internet sebagai media untuk meringankan pekerjaan,tapi juga untuk hal lain seperti bergaul atau bahkan mencari penghasilan tambahan contohnya menjadi youtuber,blogger dan menjual barang di media sosial ,sehingga bisa menjadi kan nya internet sebagai sumber penghasilan anda.
1.Penguasaan Bahasa Asing

Manfaat selanjutnya adalah internet bisa digunakan sebagai alat bantu penguasaan bahasa asing termasuk bahasa inggris. Bahasa inggris memang sulit dipelajari jika hanya mengandalkan pelajaran di sekolah atau kursus saja. Dengan memanfaatkan internet, siswa bisa belajar bahasa inggris secara mandiri dan lebih menyenangkan dari berbagai web.Karyawan juga bisa menggunakan fasilitas google translate untuk sekedar membantu menerjemahkan berbagai dokumen penting perusahaan ke dalam banyak bahasa dengan cepat dan tepat.

2.Sebagai sumber informasi

Sebagai sumber informasi adalah manfaat internet berikutnya. Anda bisa mencari berbagai informasi yang paling baru di dunia maya.Misalnya, jika Anda ingin mencari sebuah berita lama yang sudah tidak diterbitkan pada Koran atau disiarkan di TV untuk tugas sekolah atau kantor, Anda bisa menemukannya di dalam internet dengan waktu yang sangat singkat. Atau sebaliknya, jika Anda suka mencari berita paling baru yang belum muncul di Koran atau TV, internet bisa menjadi jawaban

3. Memudahkan Berkomunikasi

Di era jaman digital yang semakin canggih ini, berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat,melainkan menggunakan fasilitas digital yang tersedia saat ini, seperti halnya di internet.internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain, contohnya Anda bisa mengirimkan tulisan rasa rindu kepada kawan Anda melalui social media yang bagus, seperti Facebook,instagram dan google+

6. Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Internet sebagai perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh.Artinya, seorang guru atau dosen dengan siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan bisa di tempat yang berbeda walaupun jauh. Mengapa bisa? Karena siswa bisa mengakses website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses pendidikan di depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam.

7. Sebagai Sarana Hiburan

Berbicara mengenai hiburan, sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun bisa. Di internet, Anda bisa mendapatkan hiburan sesuai yang Anda mau, misalnya menonton sebuah video lucu di youtube,gambar yang menghibur,bermain game secara online,menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur,dan lain-lain.

8.Manfaat internet sebagai sarana pendidikan jarak jauh
Internet telah menjadi perpustakaan online yang mampu membangun komunikasi yang interaktif dimana dapat memungkinkan setiap pengguna internet dapat melakukan pendidikan secara jarak jauh.Seperti dosen atau guru yang mengajar jarak jauh lewat video call melalui komputer dan smartphone anda
9.Manfaat internet untuk mempermudah dalam berbelanja.
Jika anda ingin berbelanja tapi anda malas untuk keluar rumah maka solusinya yaitu menggunakan internet dalam berbelanja.Belanja online adalah suatu pilihan yang tepat, namun kita mesti berhati-hati dalam membeli online karena banyak juga penipu yang berkedok toko online.Jadi anda mesti berhati-hati dalam memilih toko online.
Di masa yang semakin canggih teknologinya dalam mengoperasikan internet tentunya akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi penggunanya agar bisa memanfaatkan internet untuk meningkatkan pola pikirnya dan bisa menggunakan internet dalam hal yang positif ya.
10.Internet sebagai sumber belajar
Jika dulu sumber belajar adalah buku,majalah dan melalui kegiatan pembelajaran langsung di alam namun saat ini dengan keberadaan internet telah merubah gaya belajar siswa yang dulunya bersifat konvensional menuju kearah yang lebih efektif dan praktis.Internet telah menjadi sumber belajar alternatif dengan materi pelajaran yang bisa dibilang tidak terbatas.Internet memiliki berbagai kelebihan dibandingkan sumber belajar seperti buku,majalah dll yakni melalui internet siswa bisa mencari materi pelajaran dari berbagai sumber sehingga pengetahuan siswa akan lebih kaya.Selain itu kemudahan dalam menemukan materi pelajaran melalui internet menjadi nilai plus tersendiri.Internet juga bisa diakses dimana pun sehingga memiliki sifat praktis serta internet juga bisa diakses melalui berbagai perangkat elektronik sehingga tidak terpaku pada satu perangkat saja.Cukup dengan mengetik materi pelajaran yang di cari maka semua materi yang dicari serta yang terkait dengan akan muncul dalam hitungan detik sehingga semakin memudahkan siswa dan siswi untuk belajar.
semoga artikel yang saya berikan kepada anda bermanfaat bagi kalian semua.terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

Konsep Data Warehouse

Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction