Langsung ke konten utama

cara membuat channel youtube yang baik dan benar

Untuk membuat channel youtube sebenarnya cukup mudah, namun untuk sobat yang masih pemula tentu membutuhkan sebuah panduan untuk bisa membuatnya. Karena untuk membuat channel di youtube hanya memerlukan sebuah akun di Google, jadi saya harap sobat sudah punya akun di Google ya.

Sarat pertama untuk dapat terkenal dan menghasilkan uang lewat youtube adalah kita diharuskan membuat akun dan channel terlebih dahulu. Apa itu channel? channel adalah saluran untuk video-video kita nantinya, sama seperti televisi atau radio, di youtube pun kita harus memiliki saluran terlebih dahulu agar kita bisa mulai mengupload video-video kita di channel/saluran tersebut. Lalu bagaimana cara membuat saluran atau channel tersebut? berikut akan saya jelaskan caranya.

masuk ke akun YouTube Anda,disini Anda sudah memiliki channel bawaan yang namanya sesuai dengan nama Anda di akun Google. Lalu klik icon channel Anda yang berada di pojok kanan atas (berupa foto profil Anda di akun Google anda). Lihat contoh gambar dibawah. Setelah itu akan muncul kilasan detail profil Anda. Lalu klik icon  pengaturan (Setelah YouTube) di samping icon profil Anda.


klik setelan youtube
Lalu akan muncul laman dashboard atau ikhtisar,di laman ini Anda lihat teks paling bawah yang tertulis “Buat Channel Baru” yang berwarna biru atau jika Anda memakai bahasa inggris,yang berarti tulisannya adalah “Add New Channel
klik buat channel baru

Jika sudah, klik tulisan itu. Kemudian akan muncul laman baru. Isi nama channel YouTube sesuka Anda, disini bebas yang penting sopan. Sekarang saatnya memilih kategori channel. Perhatikan gambar dibawah. Jika sudah klik Buat.
masukan nama channel anda dan klik buat
selamat anda sudah membuat channel youtbe
dan saya juga akan membahasan sebuah artikel bagaimana cara mengupload video ke youtube
Jika Anda sudah selesai membuat channel baru di YouTube, pastinya Anda tidak sabar untuk mengupload video dan mulai menghasilkan uang.
Namun perlu Anda tahu, Anda tidak dapat langsung menghasilkan uang tepat setelah Anda membuat sebuah channel,Anda harus mengupload sejumlah video dan mendapatkan viewer yang stabil, baru setelah itu Anda dapat menghasilkan uang dengan mendaftarkan channel YouTube Anda ke Google Adsense
Sebagai permulaan, silahkan upload video yang Anda punya dengan mengklik tombol Upload yang terletak di pojok kanan atas.

cara membuat channel youtube 6.jpg 
Setelah Anda mengklik tombol Upload, Anda akan dialihkan ke halamannya
Untuk mengupload video, silahkan drag video Anda ke area yang disediakan atau klik tombol Select files to upload dan cari file yang ingin Anda upload.
Jika Anda sudah memilih video yang ingin diupload, Anda akan dialihkan ke halaman untuk mengisi informasi tentang video yang Anda upload,berikut tata cara Dalam pengisian data data video YouTube, pada dasarnya Anda hanya perlu mengetikan 3 kolom,yaitu :
  • Title (Judul): Ketikan judul dari video yang Anda upload, buatlah judul yang semenarik mungkin agar viewer tertarik untuk menonton video Anda.
  • Description (Deskripsi): Ketikan deskripsi dari vdeo yang Anda upload, deskripsi ini dapat berupa informasi pendukung seputar video. 
  • Saran saya, buatlah deskripsi yang selengkap dan sepadat mungkin, karena deskripsi ini nantinya akan menjadi penentu apakah Anda dapat bersaing dengan YouTuber lain untuk memenangkan halaman pencarian (hasil search) atau tidak. 
  • Tags: Ketikan kategori yang berhubungan dengan video (example: hiburan, tutorial, edukasi, internet marketing, blog, dsb)
Jika proses upload sudah selesai, langsung saja klik Publish.
Setelah Anda mengklik Publish, YouTube akan melakukan pengecekan terhadap video, apakah video yang Anda upload tersebut melanggar peraturan (melakukan re-upload video YouTuber lain,mengupload video berhak cipta,video dengan konten dan adanya konten kriminal) atau tidak.Jika video yang Anda buat memang merupakan original buatan Anda,YouTube pasti akan mempublish video Anda dalam hitungan detik.

Barangkali bagi Anda yang masih belum punya pekerjaan,atau masih duduk di bangku sekolah,tidak ada salahnya Anda untuk memulai bisnis yang dapat dilakukan waktu senggang ini, hanya dengan bermodalkan sebuah PC/Laptop,android dan koneksi Internet, Anda dapat mencetak belasan sampai ratusan jutaan rupiah dari YouTube.
sudah ada banyak orang yang terbukti sukses di YouTube,terutama bagi Anda yang memang jago dalam bidang multimedia,menjadi seorang YouTuber adalah pilihan yang sangat bijak untuk memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) yang Anda punya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

Konsep Data Warehouse

Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction