Langsung ke konten utama

Manfaat Email yang Perlu Diketahui


Berita Teknologi Informasi
Berita Teknologi Informasi - Kini penggunaan email tidak hanya sebatas media berkirim surat elektronik dengan maksud bertukar kabar atau hal umum lainnya, namun penggunaannya lebih luas lagi mengingat para provider email terus melakukan pengembangan-pengembangan terhadap fitur-fitur yang mampu mendukung pengguna email untuk melakukan aktivitas selain berkirim e-mail.

Kini pengguna email dapat mengirimkan file berupa data ataupun gambar dalam bentuk attachment, pengguna dapat mengirim SMS (Short Message Service) secara gratis langsung dari akun emailnya, hingga aktivitas lain yang dapat kita lakukan sesuai dengan fitur yang disediakan oleh provider email yang kita gunakan. Dengan email kita juga mampu mengembangkan bisnis kita dengan cara berpromosi kepada kolega ataupun calon konsumen kita, kegiatan ini disebut dengan email marketing.

Jadi, dengan banyaknya fitur yang tersedia, kita akan terbantu dalam beraktivitas online tergantung pada fitur yang tersedia. O iya, apakah teman-teman sudah tahu kepanjangan email? Kepanjangannya adalah electronic mail, dimana kita bebas melakukan komunikasi tertulis secara online tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis.

Melalui artikel ini saya juga ingin berbagi pengetahuan mengenai manfaat email yang perlu diketahui oleh penggunanya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kita menggunakan email dalam proses komunikasi online.


  • Media atau alat komunikasi efisien, efektif dan ekonomis karena proses pengiriman email yang sangat cepat dan dapat dilakukan tanpa biaya.
  • Email bersifat user experience, yaitu bahwa email dapat digunakan dengan mudah sehingga memungkinkan setiap orang bisa menggunakannya.
  • Email dapat menghubungkan antara dua orang atau lebih walaupun terpisah batas negara sekalipun.
  • Dalam hal bisnis, email dapat digunakan sebagai media promosi ataupun menjaga kesetiaan pelanggan tanpa memerlukan biaya yang banyak.
  • Dalam hal pendidikan, email dapat digunakan sebagai media berkomunikasi antara pengajar dengan siswanya, bisa juga digunakan sebagai tempat pengumpulan tugas sekolah.
  • Sebagaimana paragraf di atas, email akan mendukung pengiriman surat tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, namun juga dapat berupa file atau dokumen dengan cara di-attach.
  • Email dapat digunakan sebagai media berlangganan informasi dari sebuah web atau blog.
  • Email sangat diperlukan dalam proses pendaftaran di banyak website seperti situs media sosial facebook dan twitter.
  • Email dapat diunakan sebagai media pengumpul aspirasi dari dari para anggota, biasanya dilakukan pada lembaga survei, strategi pemasaran, aspirasi politik, dan sebagainya.
  • Media konsultasi online, biasanya dilakukan oleh penyedia jasa online.
Itulah beberapa manfaat email yang dapat kita peroleh, sangat bermanfaat kan?

Sebagai media yang membantu kita dalam menjalin komunikasi dengan semua orang, aktivitas email haruslah menggunakan etika dan kebijaksanaan, karena dampakyang ditimbulkan entah positif ataupun negatif tergantung pada penggunanya.

Semoga artikel dari berita teknologi informasi ini bermanfaat bagi pembaca. Aamiin..  ^_^

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

    1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

    cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

    Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

    Konsep Data Warehouse

    Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction