Langsung ke konten utama

Makalah Teknologi Pendidikan Terbaru 2014

Pendidikan merupakan faktor penting yang turut membentuk karakter serta kepribadian seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula pengetahuan atau wawasan, daya kognitif serta derajatnya di mata masyarakat sekitar. Untuk yang terakhir kita ambil contoh pada masyarakat Indonesia dimana pendidikan belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh semua golongan yang ada. Dalam sekup yang lebih luas peran pendidikan baik formal maupun non-formal sangat strategis untuk memajukan sebuah negara. Kemakmuran suatu negara biasanya berbanding lurus dengan pendidikan yang unggul berikut kualitas output yang telah dihasilkan oleh negara tersebut. Finlandia dan Korea Selatan adalah negara-negara yang berhasil mengelola pendidikan mereka dengan baik & menjadi rujukan bangsa-bangsa diseluruh dunia. Hebat bukan? Itulah tadi fakta-fakta menarik seputar dunia pendidikan sebagai penghantar tema kita kali ini yaitu makalah teknologi pendidikan terbaru 2014.

Makalah Teknologi Pendidikan Terbaru

Artikel atau makalah teknologi pendidikan terbaru 2014 mencakup berbagai hal dalam ruang lingkup dunia pendidikan. Sejarah serta perkembangan teknologi pendidikan itu sendiri sangat erat berkaitan dengan perjalanan suatu bangsa. Semua negara di dunia memiliki dinamika tersendiri. Semenjak orang mengetahui sistem pendidikan, teknologi di bidang pendidikan telah dijadikan dasar untuk mendukung sistem pendidikan. Pada masa pertengahan Islam misalnya, Irak telah memiliki Madrasah Nizamiyah di kota Bagdad. Teknologi pendidikan juga telah ada di era Aristoteles. Akademia serta Lyceum adalah suatu bukti bahwa penataan dalam kegiatan belajar-mengajar telah ada di masa itu meski masih menggunakan media sangat sederhana. Contoh lain dapat kita temukan di barat pada zaman Skolastik yang populer mengembangkan sebuah sekolah yang diperuntukkan bagi biarawan / biarawati.

Pengertian teknologi pendidikan secara umum dapat kita maknai sebagai sebuah upaya sistematis dalam rangka efektivitas pembelajaran yang meliputi aspek fisik ataupun non-fisik mulai dari perancangan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi dari seluruh proses belajar-mengajar. Lebih luas lagi teknologi pendidikan memuat semua elemen yang saling terkait satu sama lain. Dengan cara belajar baik bersumber artikel penelitian maupun terjun langsung ke negara yang lebih maju dalam hal pendidikan serta mengetahui karakter sasaran didik maka target yang diharapkan bisa terpenuhi dengan menggunakan infrastruktur yang ada.

Saat ini teknologi pendidikan telah begitu canggih. Sejalan dengan waktu proses pembelajaran mengalami perkembangan yang sangat mengagumkan. Bila sebelumnya orang kesulitan untuk menemukan sumber bacaan berbentuk tulisan (buku) dan praktis hanya mendapatkan ilmu dari pemateri langsung (tatap muka) dengan guru di sekolah maupun madrasah mereka, kini semuanya telah berubah. Proses belajar bisa sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja, kapan saja. Kehadiran berbagai media terbaru telah merubah semuanya. Meski hampir semuanya tak gratis setidaknya dapat dinikmati dengan biaya yang terjangkau oleh semua kalangan, terutama untuk sejenis surat kabar (koran). Contoh yang lain adalah hadirnya media online seperti internet. Melalui fasilitas ini semua informasi bisa di akses secara cepat dengan mengambil data dari blog ataupun situs-situs yang telah terindex oleh mesin pencari seperti Google.

Konten semacam artikel, makalah, e-book dll bisa kita dapatkan dengan mudah. Bahkan saat ini telah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang memanfaatkan media online untuk memaksimalkan proses belajar-mengajar. Mereka mengadopsi program seperti e-learning untuk menjembatani antara guru dan murid. Melalui aplikasi ini kegiatan-kegiatan di sekolah seperti mengirim tugas, transfer bahan atau materi pelajaran terbaru bisa dilakukan dari mana saja. Hal ini tentu semakin memantabkan peran teknologi pendidikan yang sangat penting dari waktu ke waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

Konsep Data Warehouse

Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction