Langsung ke konten utama

Perbedaan antara ios dan android os

12 Perbedaan iOS dan OS di Android Terlengkap

Saat ini, operation system di smartphone terbagi menjadi dua macam, dan keduanya sama sama populer adan marak sekali di seluruh kalangan masyarakat, baik muda maupun tua. Keduanya juga sangat berpengaruh pada perkembangan dunia ponsel yakni iOS dan Android.iOS merupakan sistem operasi perangkat bergerak atau berbasis mobile yang dikembangkan dan di edarkan oleh Apple.OS yang dikembangkan hanya terdapat pada iPhone yang diproduksi atau dibuat oleh perusahaan Apple.
Nah disini saya akan memberitahukan mengenai perbedaan dari iOS dan Android, agar kamu paham operating system yang kalian butuhkan. Berikut perbedaannya.



PENGERTIAN IOS

iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc.Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Hingga 12 September 2012, App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali.SO ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012, terbanyak setelah Android Google.Pada bulan Juni 2012, iOS mencakup 65% konsumsi data web perangkat bergerak (termasuk di iPod Touch dan iPad).Pada pertengahan 2012, terdapat 410 juta perangkat bergerak yang diaktifkan Menurut Apple pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah dijual sepanjang bulan Juni 2012.
Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh. Elemen kontrol antarmukanya meliputi slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan SO ini mencakup gerakan seperti gesersentuhjepit, dan jepit buka, masing-masing memiliki arti tersendiri dalam konteks sistem operasi iOS dan antarmuka multisentuhnya. Akselerometer internalnya dipakai oleh sejumlah aplikasi agar bisa merespon terhadap pengguncangan alat (misalnya membatalkan tindakan) atau memutarnya dalam tiga dimensi (misalnya beralih dari mode potret ke lanskap).
iOS diturunkan dari OS X, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix. iOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai di komputer-komputer Apple.
Di iOS, ada empat lapisan abstraksi, yaitu Core OS, Core Services, Media, dan Cocoa Touch. Versi terbaru sistem operasi ini (iOS 7) menyisihkan 1,5 s.d. 2 GB memori perangkat bergerak untuk partisi sistem dengan memakai 800 MB partisi (tergantung model) untuk iOS-nya saja.
( SUMBER ARTIKEL PENGERTIAN IOS SAYA RANGKUM DARI SUMBER TERPERCAYA )

PENGERTIAN ANDROID

Android (/ˈæn.drɔɪd/an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc.,dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance,konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.Ponsel Android pertamamulai dijual pada bulan Oktober 2008.
Antarmuka pengguna Android umumnya berupa manipulasi langsung, menggunakan gerakan sentuh yang serupa dengan tindakan nyata, misalnya menggeser, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek di layar, serta papan ketik virtual untuk menulis teks. Selain perangkat layar sentuh, Google juga telah mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Android Wear  untuk jam tangan, masing-masingnya memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Varian Android juga digunakan pada komputer jinjing, konsol permainan, kamera digital, dan peralatan elektronik lainnya.
Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache.Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Selain itu, Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java.Pada bulan Oktober 2013, ada lebih dari satu juta aplikasi yang tersedia untuk Android, dan sekitar 50 miliar aplikasi telah diunduh dari Google Play, toko aplikasi utama Android.Sebuah survei pada bulan April-Mei 2013 menemukan bahwa Android adalah platform paling populer bagi para pengembang, digunakan oleh 71% pengembang aplikasi bergerak.Di Google I/O 2014, Google melaporkan terdapat lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan Android, meningkat dari 583 juta pada bulan Juni 2013.
Faktor-faktor di atas telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan Android, menjadikannya sebagai sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di dunia,mengalahkan Symbian pada tahun 2010.Android juga menjadi pilihan bagi perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi berbiaya rendah, bisa dikustomisasi, dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal.Sifat Android yang terbuka juga telah mendorong munculnya sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi untuk menggunakan kode sumber terbuka sebagai dasar proyek pembuatan aplikasi, dengan menambahkan fitur-fitur baru bagi pengguna tingkat lanjut atau mengoperasikan Android pada perangkat yang secara resmi dirilis dengan menggunakan sistem operasi lain.
Pada November 2013, Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013. Pada Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi.Keberhasilan sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai target ligitasi paten "perang telepon pintar" antar perusahaan-perusahaan teknologi.Hingga bulan Mei 2013, total 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play.
( SUMBER ARTIKEL PENGERTIAN ANDROID )
https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)

1. Harga

Kebanyakan masyarakat tau bahwa iOS yang diproduksi oleh perusahaan Apple sangatlah berbeda dengan Android yang diproduksi oleh Google yang saat ini sudah merambah ke banyak pabrik. Dari sudut harga, iPhone tentu memiliki harga yang tingginya luar biasa jika kita bandingkan dengan Android, yaitu sekitar 5 juta lebih sedangkan Android bisa di jangkau oleh masyarakat, sekitar 1,5 juta ke atas saja kalian sudah bisa memiliki sebuah android. Hal ini disebabkan produk Apple yang hanya mengeluarkan satu sampai dua model/tipe baru saja di setiap tahunnya, sangat berbeda dengan Android yang mengeluarkan beraneka ragam model dan tipe nya bergantung pada pabrik-pabrik yang memproduksi. Harga iPhone umumnya masih ditentukan oleh perusahaan Apple, sedangkan Android bergantung dari pabrik masing-masing.

2. Kualitas

Membahas tentang kualitas, tentu kualitas iPhone tidak bisa kita ragu kan lagi, tahan banting dan terpercaya. Smartphone iPhone ini hanya diproduksi oleh Apple yang tidak diproduksi oleh pabrik mana pun, sehingga produk yang ditawarkan hanya merek iPhone saja. Aplikasi yang ada di iPhone sangat terbatas yang dikaji ulang oleh Apple sehingga lebih berkualitas. Sangat berbeda dengan Android tentunya, yang memudahkan para penggunanya untuk mendownload aplikasi yang mereka inginkan di Play Store, dimana kamu bisa saja mengunduh aplikasi yang tidak bagus dan tidak sesuai keinginan kamu.

3. Penampilan

Sebenarnya dari segi penampilan, keduanya tidak jauh berbeda karena sama-sama bagus dan menarik hati, hanya saja disebabkan oleh faktor harga sehingga kualitas iPhone cenderung lebih berkesan bagus dibandingkan Android, sebab Apple memiliki Quality Checker di pabriknya, mulai dari bahan-bahan yang digunakan, aplikasi-aplikasi yang terpasang, sampai perangkat tambahan yang dijual di iPhone Store. Lain halnya dengan Android yang diproduksi atau dibuat secara massal dan dikerjakan oleh banyak pabrik di dunia sehingga Android terlihat lebih murah.

4. Share Data

Pada iPhone data dari iOS tidak bisa di bagikan melalui bluetooth ke smartphone lainnya yang berjenis Android. Kelemahan inilah menyebabkan iPhone eksklusif, tetapi menjadi keunggulan tersendiri karena iPhone lebih sukar terkena hal seperti virus, malware atau hal-hal lain yang bisa membuat file, data dan sistem OS itu rusak. Buat kamu pengguna Android pasti tau akan hal-hal seperti ini, dimana saat sedang membuka situs dan tiba-tiba terbuka situs lain yang tidak kamu inginkan yang membuat smartphone kamu terkena virus.

5. Memori

Pada produk iPhone, tidak mengeluarkan tambahan seperti memori eksternal, karena semuanya internal dan tersedia berbagai kapasitas yakni 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Berbeda dengan Android yang masing-masing produk memiliki memori internal dan bisa ditambahkan memori eksternal hingga mencapai 32 GB. Berdasarkan memori, produk Android lebih unggul atau lebih bagus daripada iOS.

6. Kamera

Untuk hasil foto dari iPhone lebih bagus dan tajam sebab pihak Apple selalu menghadirkan kamera yang beresolusi tinggi dan sensor penangkapan cahaya yang mempengaruhi kualitas gambar. iPhone juga dilengkapi Digital Signal Processor untuk mengatur warna, mengatur tingkat kecerahan gambar serta tone mapping. Hal ini menyebabkan kamera iPhone dimanfaatkan untuk pengganti kamera DSLR dirasa sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Berbeda dengan Android yang diproduksi tergantung pada kebutuhan pengguna, seperti pada produk Android Oppo F1s, yang mengutamakan kamera depan untuk selfie, dan tidak semua Android Oppo memiliki fitur kamera depan seperti yang dimiliki oleh Oppo F1s.

7. Game

Game Clash of Clan atau CoC yang pada awalnya hanya ada di iPhone saja, tetapi karena saking terkenal nya, para developer nya merilis kedalam versi Android. Game CoC tersebut yang semula berawal di iOS yang diaplikasikan pada iPhone yang mempunyai standar dan kualitas pada penilaian game yang diterapkan di App Store. Hingga saat ini, game-game yang bagus layaknya dari iOS pun bermunculan, misalnya game Mobile Legends. iOS memiliki daya tahan lebih baik daripada Android, terlihat saat memasang game yang cukup berat, kamu tidak perlu memperbaharui versi dari iOS yang lebih tinggi sebab standart iOSnya sudah tinggi. Berbeda dengan Android yang kadang setelah memasang game tidak bisa dimainkan sebab tidak cukupnya spesifikasi untuk menjalankan aplikasi game. Untuk bisa memainkan nya kamu harus mengganti sistem Android kamu ke level yang lebih atas, atau mengganti smartphone dengan spesifikasi yang cukup supaya bisa dipakai.

8. Kompatibel Terhadap Komputer

iPhone apabila memori sudah terpakai habis maka harus mencari jalan keluar supaya data-data yang dapat di backup ke memori lain atau komputer. Aplikasi dalam komputer yang di pakai sudah pasti hanya satu yaitu iTunes. Aplikasi milik Apple yang dijalankan di komputer sebagai perantara file, video, musik, atau pun data lainnya kedalam komputer. Sehingga harus menginstall aplikasi nya, jika android tidak akan serepot ini biasanya cukup dengan menggunakan USB saja maka semua sudah beres.

9. Update Versi

Apple mempermudah konsumen untuk mengakses data update versi iOS terbaru, yang hanya menunjukan notifikasi adanya new version dari iOS tersebut. Berbeda dengan Android, karena cukup memakan waktu untuk mencari versi terbarunya di situs umum maupun situs resmi Android.

10. Sparepart & Ekstension

Apple memiliki sparepart yang tidak murah, sehingga banyak konsumen iPhone yang mengeluh karena mahal nya sparepart yang harus diganti, mencari sparepart dari produknya pun sulit, sebab iPhone sendiri adalah produk yang tahan banting dan bandel menjadikan sedikitnya sparepart yang beredar. Berbeda dengan Android yang harganya relatif lebih murah dan terjangkau di kalangan masyarakat, sehingga sparepart nya mudah untuk dicari.Sedangkan untuk ekstension nya atau perangkat tambahan Android sendiri, karena banyak pabrik yang membuat sejenis ini, sehingga bersifat universal. Jadi misalnya charger dari produk Oppo bisa di pakai untuk produk Vivo, walaupun berbeda pabrik. Berbeda dengan pabrik Apple yang hanya memproduksi charger khusus untuk Apple saja.

11.Segi Aplikasi 
iPhone hanya memiliki satu vendor, jadi bila ada update terbaru dari iOS semua pengguna iPhone dapat menikmatinya, kecuali bila spesifikasi hardware nya memang tidak mendukung untuk update tersebut.
Sedangkan bagi pengguna smartphone Android, terdiri dari banyak vendor seperti nexus, android one, HTC, Samsung, dan banyak lagi.
Jadi, contoh ketika ada update terbaru dari Samsung, pengguna smartphone merek lain tidak dapat ikut menikmatinya. Update terbaru hanya tergantung pada vendor smartphone yang kita gunakan.
Padahal, software mempengaruhi lebih dari 60% performa smartphone. Itulah sebabnya kamera iPhone yang hanya beberapa MP dapat memberikan hasil yang lebih mengesankan, dan meski RAM-nya hanya 1 GB, tapi mampu memiliki performa sebaik smartphone android dengan RAM 3 GB.
12.Segi pengembang (source)
Yang pertama perbedaan antara os Android dan IOS ialah daari segi pengembangan(source). Untuk OS android bersifat open source yang berarti  pengguna dapat melakukan pengubahan sesuai dengan keinginan dan selera yang biasa di sebut dengan AOSP.maksudnya source yang di berikan Google untuk di pakai dalam pembuatan Custom rom,contoh nya :
  • ROM MIUI
  • OMNIROM
  • CYANOGENMOD,Dll
Dan sementara untuk OS IOS bersifat closed source yang berarti pengguna tidak dapat mengubah perangkat sesuai dengan keinginannya. Semua aplikasi yang menjadi kebutuhan pengguna hanya tersedia apabila memang disediakan atau ada persetujuan dari Apple.
Sebenarnya, open source Android bisa menjadi keunggulan, namun bisa juga menjadi kelemahan, sebab keterbukaan pengembang ini nantinya bisa jadi akan dimanfaatkan oleh “tangan-tangan jahil” yang menyebabkan eror pada OS android yang kita gunakan.
Sedangkan iOS memang terasa lebih aman karena sifatnya yang closed source membuat pihak Apple lebih dapat menjamin ketangguhan perangkatnya.
Semoga informasi yang saya sampaikan kepada anda semoga bermanfaat,terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

Konsep Data Warehouse

Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction