Langsung ke konten utama

10 Tips mengenali berita palsu

10 cara mengatasi tips mengenali berita palsu 


Jika Anda merasa risih dengan banyaknya berita palsu yang ada di media sosial dan internet,Untuk bisa terhindar dari penyebarannya, Anda pun bisa melakukan beberapa langkah pengamatan website media informasi digital menangani berita palsu atau sering kita disebut dengan HOAX dengan sangat serius.lihat beberapa cara untuk mengindetifikasi apakah suatu berita itu asli.


1.Bersikaplah skeptis terhadap judul

cerita berita palsu seringkali memiliki judul bombastis dengan huruf kapital dengan tanda seru,jika judul kelihatannya mengejutkan dan tidak dapat dipercaya,maka kemungkinannya memang begitu.

2.perhatikan baik - baik URL - nya

URL palsu atau yang dibuat mirip aslinya bisa jadi tanda peringatan adanya berita palsu.banyak situs berita palsu berpura - pura sebagai sumber berita autentik dengan sedikit mengubah alamat URL.anda dapat membuka situs tersebut dan membandingakan alamat URL - nya dengan sumber terpercaya.

3.selidiki sumbernya

pastikan berita tersebut ditulis oleh sumber yang anda percaya memiliki repurtasi keakuratan yang baik.jika berita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal,baca bagian ''tentang'' di situs mereka untuk mempelajari selengkapnya.

4.perhatikan format yang tidak biasa 

banyak berita palsu yang salah eja atau punya tata letak yang canggung,bacalah dengan saksana untuk melihat tanda - tanda nya.

5.cek fotonya

kabar berita palsu sering berisi gambar atau video yang dimanipulasi terkadang foto terseebut memang asli,tetapi konteksnya berbeda.anda dapat menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mencari tahu asalnya.

6.Ikut serta grup diskusi anti-hoax
Di Facebook terdapat sejumlah fanpage dan grup diskusi anti hoax, misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci.Di grup-grup diskusi ini, netizen bisa ikut bertanya apakah suatu informasi merupakan hoax atau bukan, sekaligus melihat klarifikasi yang sudah diberikan oleh orang lain. Semua anggota bisa ikut berkontribusi sehingga grup berfungsi layaknya crowdsourcing yang memanfaatkan tenaga banyak orang.
(sumber teks nomer 6 dan 7 dari kemenkom)
7.periksalah fakta berita tersebut
Perhatikan dari mana berita berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri?  Perhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh. Hal lain yang perlu diamati adalah perbedaan antara berita yang dibuat berdasarkan fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita, sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.
8.apakah berita tersebut hanya lelucon
Terkadang kabar berits palsu sulit dibedakan dengan humor atau sindiran.cek apakah sumbernya memang biasa menampilkan parodi,dan apakah perincian cerita dan nadanya menunjukkan bahwa berita tersebut hanya sekedar lelucon.
9.periksa tanggalnya
kabar berita palsu mungkin berisi linimasa yang tidak masuk akal,atau tanggal peristiwa yang sudah diubah.
10.beberapa berita dipalsukan dengan sengaja
pikirkanlah secara kritis berita yang anda baca,dan hanya bagikan berita yang anda dapat dipercaya.
dari informasi mengenai 10 cara tips mengenai berita palsu yang saya berikan kepada kalian untuk tetaplah bijak ketika menggunakan internet.Jangan mudah percaya terhadap semua berita atau kabar yang dibaca.Periksa kembali kebenaran suatu berita dengan membandingkannya dari sumber lain, dan jangan sebarkan ulang apabila dirasa berita itu tidak benar.
saran dari website blog media informasi digital untuk tidak menyebarkan berita palsu alias hoax.kalau tidak tercantum sumber terpercaya kalian tidak boleh menyebarkan nya jika kalian menyebarkan nya nantinya akan terjadi fitnah.jika ada sumber berita terpercaya seperti kompas.com itu boleh kalian share beritanya karena itu adalah sumber berita terpercaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Remote Mikrotik Jarak Jauh dengan IP Cloud atau DDNS

1. Persiapan / Tahap Awal Sebelum melakukan tutorial ini, pastikan mikrotik sudah terhubung dengan internet ya, jika belum konfigurasi terlebih dahulu, caranya bisa kalian lihat di artikel 9 Konfigurasi Untuk Menghubungkan User Mikrotik ke Internet, Jika sudah terhubung dengan internet, langkah pertama adalah login terlebih dahulu ke mikrotik, di sini saya menggunakan winbox.  2. Mengaktifkan IP Cloud Di halaman utama mikrotik klik menu IP lalu klik Cloud , sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, lalu di tampilan tersebut tandai DDNS Enable dan Update Time, jika sudah klik Apply. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. DDNS Enable di gunakan untuk mengaktifkan fitur IP Cloud Update Time : Di gunakan untuk mengecek perubahan IP Public dan agar selalu Update setiap kali IP Public berubah. 3. Jika Gagal Jika Kolom Public Address dan DNS Name

cara menyimpan video dan mp3 dari youtube

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube merupakan situs berbagi video yang saat ini kian meroket kepopulerannya.Youtube ini didirikan oleh mantan karyawan Paypal yaitu Jawed Karim,Chad hurley dan Steve Chan.Dengan adanya Youtube ini, kita bisa menonton, mengunggah bahkan mendownload berbagai macam video yang ada disana.Banyak orang yang ingin mendownload video yang mereka tonton di Youtube. Tetapi, sebagian dari mereka masih belum bisa bagaimana cara mendownload video di Youtube.Nah,pada artikel kali ini website blog media informasi digital akan membahas mengenai cara download video dari youtube. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mendownload video dari Youtube. Tetapi, beberapa cara yang saya sebutkan dibawah merupakan cara yang paling mudah dan cocok untuk anda yang masih belum bisa bagaimana cara download video di Youtube dengan cepat dan mudah. dengan cara Tambahkan ‘ss’ pada urlnya,sudah selesai deh Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan menambahkan ss pa

Konsep Data Warehouse

Pengertian  Data Warehouse Data warehouse  adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, berubah berdasarkan waktu yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tergantung dari kebutuhan pengguna. Konsep dasar dari  data warehouse  adalah membersihkan, menyaring, mengubah, meringkas, dan mengumpulkan data, dan kemudian meletakkannya ke dalam sebuah struktur agar mudah diakses dan dianalisis oleh pengguna. Karakteristik  Data Warehouse Karakteristik  data warehouse  adalah sebagai berikut : Subject-oriented Data warehouse  diorganisir sesuai dengan permasalahan atau subjek utama dalam perusahaan, seperti pelanggan, produk, penjualan.  Data warehouse  tidak hanya berfokus pada proses transaksi dan operasi sehari-hari, tetapi juga berfokus pada pemodelan dan analisis data untuk pembuatan keputusan. Integrated Data warehouse  biasanya dibangun dengan menggabungkan banyak data dari sumber yang berbeda, sebagai contoh  relational database ,  flat files , dan  online transaction